nusakini.com--KBRI Athena memperkenalkan Ikan Pepes dan mie goreng seafood kepada publik Kefalonia melalui program kelas memasak yang diselenggarakan di En Kefallinia Organic Farm Restaurant belum lama ini.

Program kelas memasak yang terselenggara atas kerjasama KBRI Athena dengan Ionion Center for the Arts and Culture (ICAC) dan En Kefallinia Organic Farm Restaurant dilaksanakan dua sesi. Sesi pertama pukul 09.00-12.30 dan sesi kedua pukul 18.00-21.30. Kelas memasak mendapatkan perhatian media setempat dan sambutan baik dari para peserta yang terdiri dari chef, akademisi, masyarakat umum dan wisatawan yang berlibur di pulau Kefalonia. 

Dalam sambutan pembukaan, KUAI RI menyampaikan Indonesia kaya akan ragam kuliner. Ikan pepes dan mie goreng seafood dipilih sebagai menu kelas memasak dengan mempertimbangkan selera publik Yunani terutama yang menetap di pulau-pulau yang lebih menyukai seafood. 

Kelas diawali dengan penjelasan bahan-bahan untuk memasak ikan pepes dan mie goreng seafood yang tersedia di pasar setempat dan tahapan proses memasak. Selanjutnya para peserta diundang untuk mempraktekan langsung memasak dan diakhiri dengan menikmati hasil masakan bersama. 

Setelah menikmati hasil masakan, para peserta menilai proses memasaknya tidak sulit sehingga dapat dipraktekan dengan mudah di rumah. "Polý nóstimo kai polý wraió" masakan ini sangat nikmat dan baik sekali, demikian komentar para peserta. Kepada para peserta diberikan brosur resep dan cara memasak Ikan pepes dan mie goreng seafood. Demikian disampaikan oleh John Admiral, Counsellor Pensosbud KBRI Athena. 

Secara khusus KBRI Athena memberikan buku kumpulan resep kuliner unggulan Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata kepada Ms. Georgia dan Mr. Michailis, pemilik sekaligus chef En Kefallinia Organic Farm Restaurant. Untuk mempertahankan positioning sebagai restoran organik, mereka akan mempelajari dan mencoba resep kuliner Indonesia dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di kebun mereka dan akan memasukan kuliner Indonesia dalam list menu restoran. 

Program Director ICAC Ms. Sophie Kagadis menyampaikan apresiasi kepada KBRI Athena atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik dan mengharapkan KBRI Athena dapat memberikan pelatihan seni budaya lainnya untuk publik Kefalonia di masa depan. Sebelumnya pada 9-11 Juni 2015, KBRI Athena menyelenggarakan kelas membatik di ICAC yang terselenggara dengan sukses. 

ICAC adalah salah satu lembaga pendidikan, riset dan seni internasional terkemuka di Kefalonia yang memiliki kerjasama dengan lembaga riset dan universitas di Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Sejak tahun 2010, ICAC menyelenggarakan berbagai program pelatihan pendidikan, riset dan seni dengan peserta seniman dan akademisi internasional. 

Kefalonia terletak di laut Ionian barat Yunani yang merupakan salah satu tujuan wisata utama Yunani dengan keindahan pantai dan alam pegunungan. (p/ab)